Cara Atasi Si Kecil Takut dengan Binatang

Cara Atasi Si Kecil Takut dengan Binatang

Ada anak yang senang dengan binatang, sehingga hendak mempunyai fauna peliharaan. Ada pun yang justeru ketakutan, meskipun kucing atau anjing yang mereka lihat tidak galak. Apakah si kecil fobia dengan binatang? Pastinya urusan ini bakal membuatnya tidak tenang.

Bagaimana menanggulangi masalah ini? Agar tidak terdapat lagi kisah si kecil fobia dengan binatang, atasi dengan lima (5) teknik ini. Tidak butuh menjadikannya penyuka fauna seketika. Minimal, anak tidak bakal lagi menjerit atau menangis melulu karena menyaksikan binatang.

Cari tahu dulu penyebab si kecil fobia dengan binatang.

Apalagi bila masih di bawah umur lima tahun, anak gampang takut dengan sesuatu yang asing. Bila belum pernah melihat hewan secara langsung, terdapat perasaan was-was yang menciptakan mereka tidak nyaman. Padahal, anda tahu bahwa hewan domestik laksana ayam, kucing, dan anjing tidak berbahaya.

Perkenalkan hewan lewat sekian banyak media.

Banyak kitab cerita anak dengan figur binatang. Ada pun film-film kartun dengan figur hewan. Pilihlah jenis hewan yang ditakuti si kecil, tetapi perhatikan pun jalan ceritanya. Misalnya: cerita 101 Dalmatians yang lucu menggemaskan guna si kecil yang fobia anjing.

Hindari memaksa anak supaya berani, lagipula dengan teknik intimidatif.

Ini tidak jarang terjadi bila anak yang fobia dengan hewan kebetulan berjenis kelamin laki-laki. Bukannya pelan-pelan dibujuk supaya lebih berani, anak justeru digoda dengan sebutan ‘penakut’ dan istilah merendahkan lainnya. Padahal, teknik itu dapat jadi bumerang. www.studybahasainggris.com Anak dapat semakin fobia atau justeru merasa benci dengan hewan itu.

Ajak mereka bermain dengan rekan yang punya hewan peliharaan.

Dengan menyaksikan interaksi rekan sekolah dengan fauna peliharaannya, anak bakal belajar guna tidak fobia lagi pada binatang. Bila si rekan tidak apa-apa, berarti mestinya anak tidak fobia dengan binatang.

Ajak mereka main ke petshop, lokasi penampungan, atau peternakan.

Mengenalkan hewan-hewan di sana seraya memegangnya akan menolong si kecil meminimalisir rasa fobia mereka. Anda dapat mulai dari hewan yang kecil-kecil dulu, laksana kucing dan kelinci. Bila si kecil telah mulai merasa aman, mereka tentu akan tertarik guna memegang hewan sendiri.

Sumber : www.bahasainggris.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *