Kolaborasi Keluarga Dan Sekolah Dalam Pendidik Karakter Bagian 2

anaknya tidak mau sekolah, mereka akan membuatkan surat izin tidak masuk. Kalau diundang pihak sekolah, selalu ada alasan untuk tidak hadir. Saat pengambilan rapor, mereka pun cenderung menitipkannya pada orang lain. Intinya, urusan sekolah adalah urusan anak dan guru. Mereka menganggap berurusan dengan pihak sekolah hanyalah menambah kerepotan dan mengusik waktu kerja mereka. Relasi Sekolah Tiga tipe orangtua ini akan terus ada. Sebab ada beberapa model relasi antara sekolah dengan orangtua yang bisa menyuburkan ketiga tipe orangtua di atas.

Seperti apakah itu?

  1. Sekolah menganggap bahwa fungsi orangtua adalah sekadar memenuhi kebutuhan teknis dan ekonomis siswa. Orangtua hanya diundang saat ada perubahan kebijakan pembiayaan sekolah atau saat sekolah butuh mengomunikasikan hal-hal material ekonomis dalam proses pendidikan. Umumnya, pertemuan awal tahun ajaran lebih banyak diisi dengan informasi tentang biaya yang harus ditanggung orangtua.
  2. Sekolah yang memang membutuhkan bantuan ekonomis dari orangtua agar dapat hidup. Sekolah ini menerima murid dari berbagai golongan hanya untuk memenuhi kuota kelas untuk menutup biaya operasional sekolah. Berkurangnya jumlah murid, bisa menjadi malapetaka bagi sekolah dan nasib guru. Karena itu, sejauh orangtua rutin membayar biaya pendidikan, pihak sekolah tidak akan mempermasalahkan keadaan anak-anak mereka. Bahkan, bila murid melakukan banyak pelanggaran disiplin, akan banyak diberi toleransi.
  3. Sekolah yang memang merasa bahwa urusan pendidikan adalah urusan mereka. Karena itu, bila ada orangtua acuh tak acuh atau abai terhadap kehidupan akademis siswa, sekolah justru merasa beruntung sebab pekerjaan mereka tidak diganggu. Sekolah juga merasa tugas dan misi mereka adalah mendidik anak anak yang dipercayakan orangtua kepada mereka, tak peduli apakah orangtua peduli pada siswa atau tidak.

Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pendidikan anak sangatlah penting sekali. Agar anak dapat berprestasi dan unggul diberbagai bidang tentunya perhatian orangtua juga diperlukan. Apalagi untuk anak yang akan mengikuti tes IELTS. Sebaiknya berikan ia bekal dalam menghadapinya. Lembaga kursus persiapan tes IELTS Jakarta adalah pilihan tepat sehingga anak dapat lancar dalam menghadapi tes tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *