Kolaborasi Keluarga Dan Sekolah Dalam Pendidik Karakter Bagian 3

Orangtua hanya dilibatkan bila anak-anak mereka bermasalah dan mengganggu kinerja sekolah. Tiga jenis orangtua dan cara bertindak sekolah seperti ini tentu tidak menggambarkan keseluruhan tipe orangtua dan jenis sekolah. Ada orangtua yang sangat kolaboratif dan proaktif memerhatikan perkembangan pendidikan anak-anak mereka.

Peran Orangtua dan Sekolah

Ada pula sekolah yang sangat aktif membangun komunikasi dengan orangtua dalam rangka keberhasilan pendidikan para siswa yang dipercayakan kepada mereka. SikapĀ  oaktif Tentu idealnya, orangtua perlu bekerja sama dengan sekolah dalam rangka pengembangan karakter buah hati. Ada beberapa hal bisa dilakukan orangtua agar bisa terjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan pihak sekolah.

  • Orangtua perlu menyadari bahwa dengan menyerahkan anak-anak ke sekolah, tidak berarti bahwa tugas mereka untuk mendidik anak selesai. Justru ketika buah hati mereka memasuki lingkungan di luar keluarga, anakanak perlu selalu dipantau sejauh mana dapat berintegrasi dengan lingkungan yang lebih luas, seperti lingkungan pendidikan.

Untuk itu penting bagi orangtua untuk selalu bertanya tentang apa yang mereka alami di sekolah, apa yang dipelajarinya, dan hal-hal menyenangkan apa yang diperoleh anak hari ini. Intinya, gali apa yang anak rasakan, pikirkan, dan alami saat di sekolah. Bila anak merasakan ada kepercayaan dari orangtua, ia akan menceritakan semua yang ia alami.

  • Memiliki nomor telepon sekolah, kepala sekolah, dan guru kelas. Manfaatkan kecanggihan teknologi agar mempermudah berkomunikasi dengan pihak sekolah. Dengan memiliki hubungan dekat dengan para pendidik di sekolah, tentu akan mempermudah terbentuknya rasa saling percaya satu sama lain. Proses pendampingan dalam rangka pembentukan karakter anak pun akan lebih efektif.
  • Proaktif dalam menyikapi perkembangan studi buah hati. Ini berarti orangtua perlu meluangkan waktu berbicara dan berdialog dengan anak tentang perkembangan kemajuan belajar mereka.

Peran orangtua terhadap kondisi anak di sekolah juga perlu diperhatikan. Andaikan anak mengalami sebuah masalah entah itu masalah pendidikan ataupun masalah sosial dengan teman sekolahnya. Terutama untuk anak yang akan mengikuti ujian TOEFL IBT, berikan ia bekal pelatihan agar percaya diri dalam menghadapinya. Berikut adalah tempat terbaik kursus persiapan TOEFL IBT Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *