Kolaborasi Keluarga Dan Sekolah Dalam Pendidik Karakter Bagian 4

dari informasi itu, ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan dengan pihak sekolah, tak perlu segan menghubungi pihak sekolah. Jangan sampai, orangtua baru datang ketika persoalan anak sudah semakin parah. Sekolah yang baik akan memiliki sistem dan mekanisme penyampaian informasi kepada orangtua, baik melalui website, newsletter, BBM grup maupun SMS.

Meski ada sarana ini, orangtua sebaiknya tetap proaktif agar proses komunikasi dengan pihak sekolah bersifat lebih personal. Kerja sama antara sekolah dan rumah hanya mungkin terjadi bila masing-masing pihak memahami tugas dan tanggung jawab mereka. Orangtua merupakan pelaku utama yang semestinya menjaga dinamika komunikasi ini dengan pihak sekolah. Orangtua tidak dapat mengandalkan pihak sekolah akan melakukan hal-hal yang dibutuhkan oleh orangtua.

Bila sekolah memiliki mekanisme yang baik, tentu tidak akan ada masalah, sebab justru pihak sekolahlah yang akan proaktif berkomunikasi dengan orangtua. Namun, hal ideal seperti ini tidaklah selalu menjadi realitas harian dalam sekolah kita. Untuk itu, orangtua tetap perlu proaktif membangun kerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka pengembangan karakter anak-anak mereka. Hanya dengan kolaborasi dan komunikasi yang baik antara orangtua dengan pihak sekolah, kita boleh berharap pembentukan karakter anak-anak kita sebagai pembelajar yang bertanggung jawab dapat terjadi.

Semata-mata menyerahkan tugas penting ini pada sekolah, tidaklah terlalu bijak. Bagaimanapun juga mereka adalah anak-anak kita. Jangan sampai ada guru yang menegur Anda karena lalai dalam berkolaborasi dengan pihak sekolah. “Bila saya yang bukan ayah, ibu atau saudara anak Anda saja, memiliki perhatian pada perkembangan anak Anda. Mengapa Anda sebagai orangtua justru abai dan tidak peduli terhadap perkembangan anak Anda sendiri?” Itulah kata-kata yang selalu saya ungkapkan ketika saya menjumpai orangtua yang tidak kooperatif saat diminta datang ke sekolah untuk membahas perkembangan anak-anak mereka. Semoga kata-kata ini tidak berlaku bagi Anda.

Tidak semua pendidikan bahasa diajarkan di sekolah, terutama bahasa Jerman. Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa Jerman, berikan ia tambahan les bahasa di lembaga les berbahasa Jerman di Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *