Ayo Sayang Langkahkan Kakimu

Yang perlu Mama Papa lakukan adalah menumbuhkan rasa percaya diri si batita. Masuk usia 1 tahun, umumnya anak sudah siap untuk berjalan. Pasalnya, selama 1 tahun pertama dalam kehidupannya, anak telah mengembangkan kekuatan otot-otot pada tubuhnya. Ini ditandai dengan keterampilan motoriknya yang mengalami banyak kemajuan di tahun pertama tersebut; dari berguling yang dilanjutkan dengan keterampilan duduk, lalu merangkak.

Tahap selanjutnya, bayi mulai mampu berdiri dan merambat sambil berkeliling dengan berpegangan atau bertumpu pada furnitur atau benda kokoh lainnya yang ada di ruangan. Bila sudah mencapai tahap ini, yang dibutuhkan oleh anak adalah keberanian dan rasa percaya diri untuk lebih mengembangkan ke tahap keterampilan berikutnya, yakni berjalan.

Tentunya, untuk mengembangkan keterampilan berjalan si batita membutuhkan banyak latihan atau praktik. Itulah mengapa, wajar bila kemampuan berjalan datang pada waktu yang berbeda antara anak yang satu dengan anak lainnya. Ada sebagian anak yang membutuhkan waktu pendek, namun sebagian yang lain membutuhkan waktu lama. Mengembangkan keterampilan berjalan termasuk mengembangkan jiwa kemandirian dalam diri anak.

Namun, sebagian besar anak dapat melakukan langkah pertamanya di ulang tahun pertama, meski kisaran normal untuk mencapai tonggak ini cukup panjang. Contoh, ada pula anak yang baru bisa berjalan secara mandiri ketika memasuki usia 18 bulan. Nah, bagaimana dengan perkembangan keterampilan berjalan batita Mama? Sebagai gambaran umum, inilah panduannya!

Usia 12-18 Bulan

Mama tak perlu khawatir jika si buah hati belum mampu melakukan langkah pertamanya di ulang tahun pertama. Jika anak Mama terlambat berguling dan merangkak, kemungkinan dia akan membutuhkan pula waktu tambahan. Umumnya, anak membutuhkan waktu kurang lebih beberapa minggu tambahan untuk mengembangkan keterampilan berjalannya. Mama tidak perlu terlalu khawatir selama dia terus belajar hal-hal baru.

Ketika anak sudah agak besar nanti terutama sudah menginjak bangku sekolah, berikan ia pelatihan bahasa asing sebagai bekal karirnya di masa depan nanti. Karena disaat usia itulah anak dapat belajar hal baru dengan cepat. Salah satu tempat rekomendasi untuk anak adalah kursus belajar bahasa Jerman di Bandung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *