3 Inovasi Pengelolaan Sampah yang Ada Di Indonesia Yang Sudah Mendunia

Inovasi kreatif dan juga pas saat ini sangat dibutuhkan untuk urusan pengelolaan sampah. Apalagi sampah di negara kita yang sebagian besar belum terkontrol dan juga terkelola dengan baik. Indonesia sendiri sudah masuk 5 besar sebagai negara yang banyak menggunakan  barang – barang plastik.

Hal ini dikarenakan sifat konsumtif orang Indonesia yang tinggi sehingga kerap kali berbelanja dan rata – rata yang dibelanjakannya itu terbuat dari bahan plastik.

Padahal kita tau sendiri bahwa plastik yang dibuang di tempat sampah 3 warna adalah salah satu bahan yang sangat sulit untuk diurai secara alami.

Nah disini kita akan sebutkan beberapa inovasi pengelolaan di Indonesia yang sudah mendunia.

  1. Dispenser Mas Eco

Nah yang pertama ini adalah dispencer mas eco yang memang sudah dirancang dengan sistem komputerisasi. Meski saat ini masih berupa prototype , namun salah satu pembuatnya yaitu Dede Nurdiansyah berharap nantinya Dispenser Mas Eco ini bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian.

Sehingga nanti masyarakat lebih senang membawa botol minum sendiri dan tinggal ambil jika menemukan dispenser mas eco ini. Nantinya masyarakat hanya perlu menempelkan kartu bayar dan, air pun akan keluar.

  1. Toss Listrik Kerakyatan

Tempat olah sampah setempat atau yang biasa disebut TOSS ini adalah merupakan sebuah program pengolahan untuk limbah organik, anorgnik, pepohonan, dedaunan, rumput, dll yang hasilnya akan dijadikan sebagai energi alternatif. Bahkan sampah rumah tangga pun disini bisa disulap menjadi bahan untuk pakan ikan.

  1. Mobil dengan bahan bakar limbah plastik

Mahasiswa UGM telah berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar UGM. Dan teknologi ini juga telah diperlombakan di London, dan mereka pun mendapatkan juara.

Uniknya memang mobil ini tidak menggunakan gas atau juga bensin sebagai bahan bakarnya namun mereka mengkonversi sampah menjadi bahan bakar. Selain itu, mobil ini memiliki alat penyerap karbon dioksida.

Nah itulah beberapa teknologi kreatif yang ada di Indonesia yang sudah mendunia. Kini tinggal bagaimana kita juga setidaknya bisa berpartisipasi dalam menjaga lingkungan minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *